Introduction

Sunday, July 26, 2020

Bekerja dengan Hati


Halo Junior...

Kali ini saya ingin menyapa para junior pembaca setia Bumi Senior, yang penuh gairah hidup dan semangat. Anda pasti sering mendengar orang mengatakan jika ingin pekerjaan kita berhasil dengan baik maka harus memiliki “passion” di bidang yang kita geluti. Work with Passion “bekerja dengan hati” dibicarakan bukan hanya pada obrolan santai kelas “warung kopi” saja, tetapi juga dalam diskusi ilmiah yang disampaikan oleh para pakar atau webinar yang sedang naik daun belakangan ini. 

Dalam Bahasa Indonesia passion tidak dapat diselaraskan dengan hanya “ketertarikan” karena passion juga memuat makna “gairah”. Maka saya lebih suka menyelaraskannya dengan “bekerja dengan hati”. 
Saya tentu percaya jika seseorang bekerja di bidang yang disukai akan lebih gampang menyesuaikan diri, menikmati dan sulit dilanda rasa bosan. Hal tersebut bukan bermakna “mudah” tetapi menjadi “lebih mudah”. 

Jika Anda tidak seberuntung itu, mendapat pekerjaan atau bekerja sesuai dengan minat, hobi atau “impian” apalagi di masa yang tak mudah ini, tentunya harus ada upaya dan mungkin penuh perjuangan untuk menjadi jatuh cinta pada yang kita kerjakan. Sayapun percaya itu sangat mungkin… seperti ungkapan witing tresno jalaran soko kulino “cinta itu lahir dari kebiasaan”. Begitu pula dengan pekerjaan.

Secara umum bekerja dengan hati merujuk kepada segala pekerjaan atau kegiatan yang sesungguhnya kita cintai atau tidak kita cintai tapi dilakukan dengan penuh tanggung jawab. Tak terlalu berpikir apakah akan banyak menguntungkan diri, menjadi terkenal atau mendatangkan harta berlimpah, tetapi sadar bahwa apa yang dilakukan memberi kemaslahatan bagi khalayak. Kalaupun hal tersebut kita dapatkan, maka itu menjadi “bonus” keikhlasan hati menjalaninya dengan penuh tanggung jawab.

Jika Anda mampu melampaui batas-batas ketidaknyamanan menjadi nyaman, atau Anda mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan dan pekerjaan yang bukan “passion” itu, maka di situlah kehebatannya.
Bukan mudah tentunya, tapi selalu ada jalan menuju kebaikan jika diniatkan baik.
Jadi tidak perlu meributkan apakah ini “passion” atau bukan, bekerja saja dengan penuh tanggung jawab dan bekerjalah dengan hati maka cinta itu biasanya akan tumbuh…



6 comments: