Introduction

Friday, June 19, 2020

Forever Young


Kelompok senior yang semangatnya senantiasa muda dan seorang anak muda yang menjadi inspirasi saya kali ini memang “agak tak biasa” jiwa mengabdinya. Bukan berarti mereka mengabaikan kehidupan pribadinya tetapi menurut saya, mereka mampu menyelaraskan dengan sempurna antara ranah kehidupan pribadi dan pengabdian. Memang mereka memilih dengan sadar dan merasa terpanggil untuk menekuninya meskipun dalam situasi tidak terlalu mudah, sehingga hasilnya menjadi sebuah kesempurnaan hidup.

Bagi para pengabdi, usia bukan menjadi penghenti atau penghambat tugas kebajikan, bahkan usia harus mampu meningkatkan totalitas kepatuhan untuk berbuat lebih baik. Apakah angka pada usianya berjumlah banyak atau masih dapat Anda hitung dengan jumlah jari Anda dan pasangan Anda… semangat harus terus membara demi kemaslahatan.

Manusia-manusia hebat yang semangatnya selalu muda itu meyakini bahwa kewajiban manusia merupakan tanggung jawab yang diberlakukan kepada semua orang. Tanggung  jawab terhadap kewajiban inilah yang akhirnya  memiliki nilai lebih tinggi karena dijalankan oleh suara hati.

Nurani para pengabdi seakan-akan menyatu dengan alam semesta dan seisinya. Tanggung jawab untuk memberikan sumbangsih nyata, memberikan segala kemampuan, pikiran dan tenaga diejawantahkan dengan nyata hanya karena tak ingin generasi berikut tak bisa mewarisi indahnya bumi dan tetap pada “ketidaberadaban”.

Bukan mereka tak pernah menghadapi rintangan, tetapi keyakinan bahwa "Sang Pemilik" berpihak kepada jalan keiklasan ini, maka jadilah pengabdian ini seakan tak berujung. Mereka juga tidak biasa menghitung berapa banyak yang sudah dikeluarkan dan didapatkan karena tidak akan pernah bisa dihitung secara matematis... apalagi jika kita ingin menghitungnya dengan mesin penghitung... tidak ada satu pun  yang menyediakan "angka"* sejumlah itu. Jadi biarkan semua terus berjalan seiring dengan usia berjalan

Yang ada pada benak para pengabdi hanyalah bahwa semua penghuni jagat raya memiliki derajat yang sama di muka bumi maka sudah seharusnya manusia memiliki kepedulian antar sesama, mahluk Ilahi lainnya dan bumi tempat berpijak.
  

Karena Aku Bersyukur Maka Aku Mengabdi,
 Aku Mengabdi karena Aku Bersyukur

Seniors & Junior
  
Usia Tak Berbatas

Selamanya Muda untuk Pengabdian
Dedicated to SRS,JK, AS
*Thanks to Bro Syam

6 comments:

  1. Kadang panggilan itu tak terbendung melupakan raga yang mulai sering merintih tetapi sejuk bahagia yang lebih ternikmati...
    Teruslah berjalan sang pengabdi memberi bahagia untuk semesta....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Luar biasa, Ibu....
      Couldn"t agree more....

      Delete
  2. 'Tak berbatas' istilah yg ada dlm lubuk hati pengabdi. Tetaplah semangat utk berbuat kebaikan demi kemashlahatan umat dan bumi pijakan...
    There is love, there is life...(Indira Gandhi 1917-1984)

    ReplyDelete
  3. one of the seniors said "semua hal butuh kepastian, entah untuk memulai, mempertahankan ataupun melepaskan

    suksess untuk kelompok senior miss u all

    ReplyDelete
  4. My thanks and appreciation....

    ReplyDelete