Introduction

Wednesday, April 22, 2020

Preparation for Retirement




Sebelum Anda benar-benar memutuskan untuk pensiun atau berhenti bekerja, ada beberapa hal yang menurut saya perlu dipersiapkan. Terutama yang menyangkut persoalan finansial. Jika awalnya Anda perempuan pekerja yang bukan tujuan utamanya mencari uang atau sebut saja bukan menjadi pencari nafkah keluarga, tetapi bekerja lebih kepada persoalan aktualisasi diri, maka persiapan menuju pensiun tidak terlalu banyak karena ada orang yang akan menanggung hidup Anda sehari-hari, misalnya suami, dana pensiun suami atau anak.

Menurut saya semua orang yang akan pensiun atau berhenti bekerja baik sebagai pencari nafkah atau tidak, pasti akan membutuhkan jaminan kesehatan. Apalagi usia bertambah, ada saja yang menjadi keluhan. Oleh karena itu sebelum terlanjur berhenti bekerja, pastikan Anda sudah punya jaminan kesehatan. Tapi Anda tidak perlu khawatir karena saat ini  pemerintah juga sudah mewajibkan semua instansi pemerintah dan swasta yang memperkerjakan lebih dari sepuluh orang untuk mengikutsertakan karyawannya dalam jaminan kesehatan. Jadi menurut saya, semua pekerja tidak ada yang tidak memiliki jaminan kesehatan.

Jika Anda memiliki keuangan yang lebih mumpuni, boleh juga Anda ikut asuransi kesehatan yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan. Untuk itu Anda bisa berdiskusi dengan pihak  yang paham dalam menentukan pilihan asuransi dan jenis manfaatnya serta manfaat tambahannya (rider). Menurut saya, tidak ada ruginya kita ikut asuransi apalagi jika asuransi tersebut memungkinkan untuk dicairkan dan diberikan kepada orang yang dijadikan pemegang warisan dan bisa dimanfaatkan oleh pemegang warisan yang telah terdaftar.
Selain asuransi kesehatan, Anda juga harus sudah punya rencana mengelola keuangan Anda. Jika waktu pensiun Anda masih sepuluh tahun lagi, paksakan diri untuk menabung untuk dana pensiun atau investasikan pendapatan Anda dengan cara mendepositokannya atau cara lain.

Tetapi jika sudah tidak ada waktu lagi, maka mengelola uang atau dana pensiun menjadi andalan. Mulailah berhemat dengan mencoret anggaran yang tidak terlalu signifikan, misalnya membeli pakaian, makan di luar rumah,atau menurunkan biaya berlangganan internet. Jika dana pensiun belum mencukupi kebutuhan Anda dan Anda pun tidak punya modal yang besar untuk berinvestasi yang bisa dilakukan adalah membuka bisnis kecil-kecilan agar Anda tetap bisa menikmati hidup.Coba Anda lihat tulisan saya sebelumnya Ten Things to Do...Mungkin bisa mmenjadi inspirasi…

Syukuri saja yang Anda miliki
dan..
Hidup akan menjadi lebih indah

4 comments:

  1. Selamat siang, saya seorang keryawan yang sudah bekerja lebih dari 25 tahun, saya berencana ingin berhenti dari tempat saya bekerja dengan alasan jenuh dan anak yang sedang membutuhkan perhatian dari saya, tapi saya masih ragu-ragu untuk berhenti. kira kira apa yang harus saya lakukan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Rita...Buat saja advantages & distadvatages list agar Anda bisa mempertimbangkan dan memutuskan dengan tepat... Semoga tidak ragu lagi ya... Terima kasih sudah mengunjungi blog saya.

      Delete
  2. Tips buat pensiun dengan sukses ya bu Senior Cicibey.....

    ReplyDelete